Yuk Belajar: Belajar di Waktu Kecil Bagaikan Mengukir di Atas Batu, Belajar di Waktu Besar Bagaikan Mengukir di Atas Air >> Yuk Belajar: Tuntutlah Ilmu Dari Buaian Hingga Liang Lahat

Rabu, 01 Mei 2019

Aksara Kawi: Cikal Bakal Aksara Daerah di Indonesia


ᩋᨠ᩠ᩇᩁᨠᩅᩥ

Aksara Kawi (ᩋᨠ᩠ᩇᩁᨠᩅᩥ) atau aksara Jawa Kuno merupakan aksara yang pernah digunakan di wilayah tropis Asia Tenggara pada sekitar abad 8 hingga 16 Masehi. Aksara Kawi ini kental sekali penggunaannya di wilayah Jawa dan Bali dan digunakan secara umum di wilayah Indonesia. Namun dari beberapa penemuan prasasti oleh para ahli arkeologi, luasnya penggunaan Aksara sampai wilayah Filipina. Umumnya aksara ini digunakan untuk menulis bahasa Sanskerta dan Jawa kuno. Menurut bahasa Sanskerta, Kawi artinya pujangga, diperkirakan para leluhur pada zaman dahulu suka membuat syair atau puisi - puisi yang indah dan juga pepatah - pepatah bijak.

Dalam perkembangannya, Aksara Kawi ini menjadi cikal bakal dari aksara - aksara tradisional Indonesia seperti Aksara Jawa, Bali, Sunda, dan lain - lain. Aksara Kawi menganut sistem abugida yang ditulis dari kiri ke kanan secara bersambung dan tanpa menggunakan spasi (scripto continua). Setiap hurufnya mencerminkan sebuah suku kata dengan vokal "a" yang dapat diubah dengan penggunaan tanda baca. Aksara Kawi memiliki sekitar 47 huruf.

Di dalam Aksara Kawi terdapat tanda baca semacam sandhangan (ꦱꦤ꧀ꦢꦔꦤ꧀) pada Aksara Jawa, yang mengubah suara vokal "a" menjadi vokal yang lain (layaknya harakat pada Abjad Hijaiyyah Arab) dan menambahkan konsonan akhir. Beberapa tanda baca dapat digunakan bersama - sama, namun tidak semua kombinasi diperbolehkan. Tanda baca teks termasuk koma, titik, serta tanda untuk memulai dan mengakhiri bagian - bagian teks.

Penulisan Aksara Kawi diharuskan memberi spasi sedikit lebar karena digunakan untuk menulis tumpukan konsonan, setara dengan pasangan dalam Aksara Jawa dan pangangge dalam Aksara Bali. Namun beberapa model Aksara Kawi ditemukan tidak menggunakan pasangan dalam penulisannya, seperti pada prasasti Candi Sukuh Ngargoyoso, Karanganyar, Jawa Tengah.

A. Aksårå Nglêgênå (ᩋᨠ᩠ᩇᩁᨦ᩠ᩃᩧᨣᩧᨶ)

Aksara Nglegena artinya aksara - aksara yang masih sendiri, tidak berpakaian, atau tidak memiliki sandhangan.

Pada Aksara Kawi, semua huruf tergolong dalam nglegena dan tidak mengenal aksara murda atau yang biasa dikenal dengan huruf kapital, wujud Aksara Kawi serupa dengan aksara - aksara internasional lainnya, seperti aksara Kanji (Cina & Jepang), Hijaiyyah (Arab), Hangeul (Korea), Russia, dan lain - lainnya. Semua huruf memiliki tempat dan cara pengucapannya sendiri tanpa membeda - bedakan dengan predikat kapital.
᩠ᨠ

ka
᩠ᨡ

kha
᩠ᨣ

ga
᩠ᨥ

gha
᩠ᨦ

nga
᩠ᨧ

ca
᩠ᨨ

cha
᩠ᨩ

ja
᩠ᨫ

jha
᩠ᨬ

ña
᩠ᨳ

ṭa
᩠ᨲ

ṭha
᩠ᨯ

ḍa
᩠ᨭ

ḍha
᩠ᨮ

ṇa
᩠ᨶ

na
᩠ᨴ

ta
᩠ᨵ

tha
᩠ᨰ

da
᩠ᨱ

dha
᩠ᨸ

pa
᩠ᨹ

pha
᩠ᨷ

ba
᩠ᨽ

bha
᩠ᨾ

ma
ᨿ᩠ᨿ

ya
᩠ᩁ

ra
᩠ᩃ

la
᩠ᩅ

wa
᩠ᩆ

sya
᩠ᩇ

ṣa
᩠ᩈ

sa
  ᩛ

  ᩠ᨢ

jña
  ᩠ᨤ

qa
᩠ᩉ

ha
   ᩠ᩃᩧ

   ᩠ᩃᩧᩣ

lêu
Contoh penggunaan Aksara Nglegena dalam sebuah kalimat adalah:
  1. ᨶᨾᩈᨿᩉᨶ = Nama saya Hana
  2. ᨸᨸᨠᨿᩁᨿ = Papa kaya raya
  3. dan lain - lainnya

Menggunakan Pasangan

Pada tabel Aksara Nglegena di atas, ada dua aksara yang ditulis dengan warna hitam dan merah, aksara yang tertulis dengan warna hitam adalah aksara nglegena atau huruf konsonan dasar, dan yang berwarna merah adalah Aksara Pasangan. Karena Aksara Kawi ditulis dengan tanpa menggunakan spasi, dan juga pada pertengahan kata atau kalimat tidak diperkenankan untuk menggunakan virama, semacam sandhangan pangku atau biasa juga disebut pangkon (... ᩠.) yang berfungsi untuk mematikan suara vokal pada huruf konsonan, maka aksara pasangan digunakan untuk menggantikan fungsi daripada virama tersebut. Berikut ilustrasi penggunaan aksara pasangan dalam huruf Kawi;
Contoh Yang SalahContoh Yang Benar
ᨾᨬ

Manja
ᨾᨬ᩠ᨩ

Manja
Contoh penulisan Aksara Nglegena berpadu dengan pasangannya;
  1. ᨷᨸᨠ᩠ᩈᨿ = Bapak saya
  2. ᨸᩉᩃᩉᨾ᩠ᨷ = Pahala hamba
  3. ᨾᩈᨠᨶ᩠ᨾᨾᨾᨶ᩠ᨴᨸ᩠  = Masakan mama mantap
Dan masih banyak lagi contoh lainnya

B. Sandhangan (ᩈᨶ᩠ᨰᨦᨶ᩠ )

Sandhangan (ᩈᨶ᩠ᨰᨦᨶ᩠ ) adalah sejenis aksara yang tidak dapat berdiri sendiri, melainkan merupakan tanda baca (atau semacam harokat pada aksara hijaiyyah) yang selalu digunakan bersama dengan aksara dasar. Berikut adalah tabel sandhangan dalam Aksara Kawi

ka


ki


ᩧᩣ

kêu

ku



kai

ko

kau

k

kang

kah
ᩁ᩠ᨠ

rka
᩠ᩁ

kra
᩠ᩁ

kru

krê
᩠ᨿ

kya
Contoh kalimat dengan menggunakan tanda baca / sandhangan
ᨷᩩᨯᩥᨸᩧᩁ᩠ᨣ᩠ᨣᩥᨠᩧᩈᩧᨠᩮᩣᩃᩡᩈᩧᨴ᩠ᨿᨸ᩠ᩉᩁᩥ
Budi pergi ke sekolah setiap hari

C. Aksara Swara (ᩋᨠ᩠ᩇᩁᩈ᩠ᩅᩁ)

Aksara suara/swara (ᩋᨠ᩠ᩇᩁᩈ᩠ᩅᩁ) disebut pula huruf vokal/huruf hidup dalam Aksara Kawi. Fungsi aksara suara sama seperti fungsi huruf vokal dalam aksara Latin, ia dapat berdiri sendiri tanpa adanya huruf konsonan. Berikut ini adalah aksara suara dalam Aksara Kawi:


a


i


i


ī


u


e
ᩋᩧ

ê


o


ai
ᩒᩣ

au
Berikut ini adalah contoh kata yang mengandung Aksara Swara:
ᩃᨴ᩠  = Alatᨠᩮᩣᩁ᩠  = Ekor
ᨠᨶ᩠  = Ikanᩁᩴ = Orang
ᨶ᩠ᨴᩩᨠ᩠  = Untukᩒᩣᩁᨴ᩠  = Aurat

D. Angka

Aksara angka digunakan untuk menunjukkan sebuah bilangan, sama halnya dengan angka pada aksara latin. Dalam Aksara Kawi, sebuah bilangan angka diapit dengan dua tanda titik (᪭) di kiri dan kanannya. Berikut adalah Aksara Angka 1 sampai dengan 0.
᪭᪑᪭

1
᪭᪒᪭

2
᪭᪓᪭

3
᪭᪔᪭

4
᪭᪕᪭

5
᪭᪖᪭

6
᪭᪗᪭

7
᪭᪘᪭

8
᪭᪙᪭

9
᪭᪐᪭

0
Contoh penulisan angka:
᪭᪑᪙᪙᪖᪭
1996
᪭᪒᪐᪑᪙᪭
2019
᪭᪒᪑᪐᪭
210

E. Sekilas Praktek

ᨸᨯᩉᩁᩥᩁᨷᩩᩋᨠᩩᩍᨠᩩᨿᩡᨠᩧᨠᩮᩣᨴ

ᨾᩧᨶᩱᨠᩥᨠᩧᩁᩮᨴᨠᩩᨯᩈᩧᩉᩁ᩠ᨣ᩠ᨣ᪭᪒᪕᪐᪐᪭ᩁᩩᨸ᩠ᨿᩡ

Pada hari Rabu aku ikut ayah ke kota, menaiki kereta kuda seharga 2,500 Rupiah

F. Contoh-Contoh Lainnya

  1. Ibu mencuci baju dengan mesin cuci
    ᩍᨷᩩᨾᩧᨬ᩠ᨧᩩᨧᩥᨷᨩᩩᨯᩧᨦᨶ᩠ᨾᩧᩈᩥᨶ᩠ᨧᩩᨧᩥ
    .
  2. Tulisan ini bagus sekali
    ᨴᩩᩃᩥᩈᨶᩥᨶᩥᨷᨣᩩᩈ᩠ᩈᩧᨠᩃᩥ
    .
  3. Seminar itu dilaksanakan di gedung serba guna
    ᩈᩧᨾᩥᨶᩁᩥᨴᩩᨯᩥᩃᨠ᩠ᩇᨶᨠᨶ᩠ᨯᩥᨣᩧᨯᩩᩴᩈᩧᩁ᩠ᨷ᩠ᨷᨣᩩᨶ
    .
  4. Kemarin aku sempat berkunjung ke rumahnya
    ᨠᩧᨾᩁᩥᨠᩩᩈᩧᨾ᩠ᨸᨴ᩠ᨷᩧᩁ᩠ᨠᩩᨬ᩠ᨩᩩᩴᨠᩧᩁᩩᨾᩡᨬ
    .
  5. Paman membawa oleh - oleh dari Semarang
    ᨸᨾᨶ᩠ᨾᩧᨾ᩠ᨷᩅᩒᩃᩮᩉᩮᩣᩃᩮᩡᨯᩁᩥᩈᩧᨾᩁᩴ
    .
  6. Hari ini kita akan berwisata ke Yogyakarta
    ᩉᩁᨶᩥᨠᩥᨴᨠᨶ᩠ᨷᩧᩁ᩠ᩅᩥᩈᨴᨠᩧᨩᩮᩣᨣ᩠ᨩᨠᩁ᩠ᨵ
Demikianlah penjelasan singkat mengenai Aksara Kawi dan cara membacanya, diskusi dan tanya jawab akan berlanjut pada kolom komentar di bawah ini. Semoga sedikit informasi ini dapat menjadi manfaat yang berguna bagi siapa saja yang membacanya

1 komentar: