Yuk Belajar: Belajar di Waktu Kecil Bagaikan Mengukir di Atas Batu, Belajar di Waktu Besar Bagaikan Mengukir di Atas Air >> Yuk Belajar: Tuntutlah Ilmu Dari Buaian Hingga Liang Lahat

Selasa, 21 Mei 2019

Direktori Aksara Sunda untuk Unicode (PDF)

Image result for aksara sunda wallpaper

ᮃᮊ᮫ᮞᮛ ᮞᮥᮔ᮫ᮓ ᮚᮥᮔᮤᮊᮧᮓ᮪

Buku Direktori Aksara Sunda untuk Unicode ini disusun sebagai sebuah direktori yang menghimpun keterangan tentang latar belakang, Aksara Sunda, Aksara Sunda Standar, Unicode Aksara Sunda, dan hal-hal lain yang penting terkait Unicode Aksara Sunda

Penyusunan buku Direktori Aksara Sunda untuk Unicode adalah kegiatan tak terpisahkan dari rangkaian kegiatan terkait dari BPBD tahun 2008 dalam rangka Unicode Aksara Sunda, yang diawali dengan seminar terkait dan diakhiri oleh peluncuran buku tersebut. Untuk itu, BPBD Diknas Provinsi Jawa Barat telah menetapkan sebuat tim yang terdiri dari berbagai kalangan, baik ahli di bidang aksara Sunda, maupun mereka yang kompoten di bidang teknologi informasi dan berpengalaman mengkoordinasi sebuah tim. 

Buku ini menghimpun proses dan keterangan tentang Unicode Aksara Sunda untuk mengoptimalkan implementasi status Aksara Sunda yang saat ini sudah resmi diakui oleh Unicode. Dengan telah diakuinya aksara Sunda oleh Unicode, dan kelengkapan-kelengkapan dalam rangka implementasinya berhasil disusun dan dikembangkan, maka dapat diharapkan sejumlah manfaat berkenaan dengan aksara Sunda dan teknologi informasi. Manfaat tersebut antara lain: Pertama, aksara Sunda menjadi sejajar dengan aksara tradisi etnis atau bangsa lain di seluruh dunia dalam hal: mendapat pengakuan Unicode, dapat diakses melalui internet, dan berpeluang lebih besar untuk dikenal oleh masyarakat global. Kedua, menyediakan sumber pengetahuan tentang Aksara Sunda di internet. Ketiga, memberikan sebuah sarana untuk tujuan pengajaran dan sebagai langkah yang lebih maju dalam hal pewarisan budayaan. Keempat, dapat dikembangkan menjadi suatu piranti yang lebih unggul dan mudah digunakan oleh siapapun guna penelitian naskah-naskah kuno dan artefak sejarah lainnya yang menggunakan Aksara Sunda. Kelima, menyediakan bahan pengembangan yang lebih luas dalam khazanah komputerisasi bahasa (computational linguistics) yang akan semakin diperlukan di masa depan. 

Akhir kata, atas nama tim penyusun Direktori Aksara Sunda untuk Unicode, kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu kegiatan ini. Semoga kegiatan ini dan hasil-hasilnya menjadi cikal bakal upaya-upaya pemeliharaan bahasa, sastra dan aksara daerah dalam ruang lingkup dan manfaat yang lebih luas lagi.

Bandung, September 2008
Ir. Oman Abdurahman
Ketua Tim Pelaksana

---------------------------

Silahkan mengunduh buku tersebut berupa e_book pdf dengan menekan tombol di bawah ini

0 Comments:

Posting Komentar